Kamis, 19 Juli 2012

Ketika Monster Bernama Kantuk Menyerang di Tempat Kerja...

Tadi siang lumayan sih ada yang mentraktir nasi bogana (bukan begana, tapi mirip-mirip sih). Setelah beres makan itu, entah kenapa gw ngantukkk banget di kantor seharian. Sempat hampir ketiduran di depan layar monitor komputer dengan mulut menganga, akhirnya gw 'kabur' ke toilet kantor dan menutup mata sekejap di salah satu klosetnya yang bersih dan nyaman. Daripada ga sengaja makan nyamuk kan ^^

Oke, di sini bukan gw mau ngomong kalau ada obat tidur atau sejenisnya di dalam nasi bogana tersebut. Sejak dulu sudah jadi sebuah ritual buat gw kalau habis makan siang pastilah ngantuk (apalagi kalau makannya banyak). Mungkinkah karena kurang tidur? Kejadian ngantuk di siang bolong ini sering terjadi bahkan saat tidur malam gw sebelumnya cukup (7~8 jam sehari).

Lucunya, banyak juga teman-teman gw yang senasib. Jadi gw bisa bersyukur bahwa tidak ada penyakit aneh yang bersemayam pada tubuh gw. After this, will you expecting me to give some explanation about why this phenomenon occure? Nope. Gw justru mau berbagi beberapa pengalaman untuk meng-counter monster kantuk di siang bolong selepas makan siang (khusus orang kantoran sih): 

1. Tidur saat jam istirahat
Sebaiknya kegiatan seperti makan dilakukan agak cepat begitu istirahat dimulai supaya masih tersisa waktu istirahat. Tidurlah di meja kantor atau di ruangan tak terpakai dengan pasang alarm. 
Manfaat tambahan: Kalau ngajak teman lain juga untuk gabung, bisa saling membangunkan.
Risiko: Dimarahin si bos gara-gara overslept. Setidaknya kalau teman yang diajak sama-sama ga bangun, ga malu sendiri.

2. Tidur di toilet
Yang ini sudah gw lakukan beberapa kali dan cukup ampuh. Lakukan di klosetnya selama 5 sampai 10 menit. Tentunya ini kalau kloset kantor lu bersih, wangi, dan ga bau ya kaya kantor gw *promosi kantor*
Manfaat tambahan: Sulit ketangkep kalau sebenarnya lagi tidur, kecuali si bos pasang cctv di toilet.
Risiko: Kalau keseringan, dibilang pencernaannya jelek.

3. Tidur saat lagi meeting 
Asal lu bukan orang yang presentasi atau yang ditanya-tanya, hal ini bisa dilakukan. Biasanya lu bisa lakukan dengan cara pura-pura lagi nulis/ngetik. 
Manfaat tambahan: Bisa dianggap bos sebagai bawahan yang baik karena tenang selama meeting.
Risiko: Kalau sampai mendengkur alias ngorok... bayangin sendiri ^^

4. Tidur dengan kacamata palsu
Temen gw pernah menyarankan untuk beli kacamata palsu bergambar mata, jadi lu bisa pura-pura mandangin monitor komputer padahal lagi tutup mata.
Manfaat tambahan: Rekan kerja atau si bos bakal bilang lu jadi lebih trendi saat pakai kacamata.
Risiko: Ya kalau gambar matanya aneh-aneh seperti gambar mata di film kartun anime jepang sih... 

5. Tidur saat pulang kantor. 
Buat yang hoki karena dapat tempat duduk di kendaraan umum / bisa numpang rekan kerja. Tapi bagi yang bisa tidur sambil berdiri (gw pernah liat dengan mata kepala sendiri di busway), silakan aja sih.
Manfaat tambahan: Memanfaatkan waktu perjalanan dengan tidur.
Risiko: Dompet, Hape, Ipad, Galaxy Tab, dan barang-barang mahal lainnya raib sama 'tuyul'.

6. Jangan makan siang. 
Seriously, kalau ga makan siang malah ga terlalu mengantuk. Jangan ngemil dan jangan makan pagi yang berat selain minum susu atau makan roti.
Manfaat tambahan: Menurunkan berat badan (hitung-hitung diet).
Risiko: Sakit maag.

7. Sengaja bikin kesalahan yang bikin lu ditegur.
Lebih bagus lagi kalau sampai dimarahin. Gw sendiri ga pernah sampai dimarahin, tapi pernah ditegur. Dari yang ngantuk berat langsung berubah jadi ga ngantuk sama sekali.
Manfaat tambahan: Jadi lebih dikenal dan diperhatikan sama si bos kalau sering dilakukan.
Risiko: Dipecat. Simpel.


Yah sekian info kurang berguna dari gw. Memang cuman mau curhat soal kebiasaan kantuk yang menyerang saat siang hari sih. Kalau mau tau penyebabnya, silakan bertanya pada mbah gugel.


Cheers,
Alexander Blue

Tidak ada komentar:

Posting Komentar