Jumat, 03 Agustus 2012

Behind The Making: OSIS

OSIS merupakan bagian pertama dari lima cerpen prekuel novel OKAMI dan tergabung dalam OKAMI SAGA. Ada kisah sendiri sebelum cerita ini menjadi seperti yang kalian lihat di Fantasy Fiesta ataupun blog gw sekarang.

Awalnya, gw bersama teman-teman gw sedang membicarakan ide cerita untuk disiapkan sebagai sebuah novel. Saat itu juga, gw meminta tolong kepada mereka untuk memberi satu tema yang bisa digunakan untuk sebuah lomba cerpen (ya, lomba Fantasy Fiesta 2012). Awalnya tema yang terpikirkan adalah konsep OSIS dengan 4 anggotanya sebagai perwakilan 4 hewan konstelasi Cina (Pernah dengar Suzaku, Seiryuu, Byakko, dan Genbu?).

Saat gw mau mencoba menulis, entah kenapa tiba-tiba muncul suatu ide twist di cerpen: Jati diri salah satu karakter penting ceritanya yang sesungguhnya. Dari sini mulailah muncul pikiran untuk membuat konsep lain: Lycan dan wabah virus yang mengakibatkan manusia berubah menjadi Lycan


Lycan 
(for Visualization Purpose Only)


Beberapa twist lain seperti latar dari Lycan Alpha (Okami) dan penyebaran virusnya juga tiba-tiba aja muncul di kepala gw, sehingga gw rasa satu cerpen tidak akan cukup menampung semua idenya. Akhirnya, gw beranikan bikin cerpen OSIS sebagai salah satu cerpen prekuel dari novel OKAMI, dan setelah di-submit ke Fantasy Fiesta, hasilnya bisa ketebak.

Sebagian komentator mengatakan kalau cerpen ini memiliki banyak hal yang belum dijelaskan, dan gw harus mengepost satu per satu reply untuk mengatakan bahwa ini cuman prekuel dari novel. Memang sih salah gw juga karena harusnya cerpen yang diikutkan ke dalam lomba bukanlah cerpen untuk prekuel novel ^^; Untung ada sebagian pembaca yang cukup bisa menikmati tanpa memedulikan eksistensi cerpen ini sebagai prekuel novel.

Berhubung gw memang penulis yang masih amatir, mungkin masih terdapat banyak kekurangan di cerpen ini. Makasih kembali untuk semua orang yang sudah mau membaca cerita ini. Bagi yang ingin tahu dengan kenyataan di balik latar Okami atau penyebaran virus Lycanolog, silakan nantikan dengan sabar sampai cerpen-cerpen dan novelnya dirilis ya. 

Oh ya, konsep 4 anggota OSIS sebagai perwakilan dari 4 konstelasi Cina akan gw pakai di cerpen lain sepertinya. Hahaha.


Cheers,
Alexander Blue

Tidak ada komentar:

Posting Komentar